Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan pemasangan jaringan VSAT (Very Small Aperture Terminal) di SMK Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan, Selasa (8/12/2020).

Erik, salah satu Tim Teknisi BPPT menjelaskan bahwa pemasangan ini merupakan bentuk program bantuan BPPT dalam bentuk layanan jasa teknologi yang disentralkan di SMK Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan.

“VSAT ini teknologinya berhubungan dengan satelit. Kita punya hub di Jakarta diterima di sini dan disebarkan oleh jaringan yang ada namanya wireless ini. Wireless ini bisa menyebar (dan -red) untuk radius (sekitar -red) 180 derajat.” jelas Erik.

Dengan adanya jaringan VSAT diharapkan dapat membantu dan memfasilitasi warga sekolah dan Yayasan atas kebutuhan jaringan. dan Jaringan VSAT diharapkan juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran santri SMK Hafshawaty khususnya Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

“Manfaatnya bagi sekolah itu sangat berguna ya. Karena bisa membantu dan mempermudah untuk kegiatan sekolah terutama di sekolah ada media center atau mungkin ada jaringan wifinya. Nah, dari situ kita bisa membantu dan mempermudah untu SMK memberi pengetahuan lebih luas melalui jaringan ini.” pungkasnya.