GENGGONG– Sejumlah 48 peserta perwakilan dari SMA-SMK-MA se-Kabupaten dan Kota Probolinggo, beradu cerdas dalam Lomba Poster Grafis dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Selasa-Rabu (27-28/3/2018). Mereka berusaha menjadi yang terbaik dalam lomba gelaran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hafshawaty Zainul Hasan Genggong itu.

Dua lomba dalam rangka Pekan Ilmiah Mahasiswa 2018, itu mengusung tema berbeda. Lomba Poster Grafis bertema “Design Healtin Your Dream” dan “Berlomba untuk Menyehatkan Bangsa” untuk UKS. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti lomba ini.

Tari Dewi Sinta, persembahan mahasiswi semester II D-III Keperawatan Hafshawaty, menjadi pengiring para peserta memasuki lapangan apel pembukaan. Ketua Stikes Hafshawaty Aini Isnawati, S,Kep., Ners., M,Kes., membuka acara secara simbolis dengan pemotongan pita.

Di hari pertama, lomba digelar Lomba Design Poster Grafis dan uji tulis Lomba UKS. Sedangkan, di hari kedua Lomba UKS dilanjutkan dengan praktik dan penguluhan sekaligus pengumuman para pemenang lomba.

Ketua Pelaksana Lomba Poster Grafis dan UKS Yusa Miradz mengatakan, persiapan acara ini sangat panjang dengan berbagai kendalanya. Namun, acara ini tetap berjalan sesuai harapan panitia. “kami berharap ke depan BEM lebih baik lagi, play on action,” ujar mahasiswa semester IV, D-III Keperawatan itu.

Sedangkan, Ketua BEM Stikes Hafshawaty Vivi Faridah mengaku sangat puas atas kesuksesan perlombaan ini. Vivi juga meminta para peserta yang belum beruntung mendapatkan juara, untuk tidak berkecil hati. “Tetap semangat dan terus berkarya,” ujar mahasiswa semester VII S-1 Keperawatan itu.

Di akhir acara, para juri dari tiga instansi berbeda telah merekap hasil penilaiannya. Para juri itu masing-masing dari Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo; Dinas Kesehatan Kabupaten Prooblingo dan dari Stikes Hafshawaty.

Hasilnya, Lomba Poster Grafis juara pertama disabet oleh siswa perwakilan dari SMK Nurul Jadid, Kecamatan Paiton, juarai II perwakilan MA Model Zainul Hasan Genggong, dan juara III dimenagkan perwakilan MA Zainul Hasan Genggong. Sedangkan, Lomba UKS juara I diraih perwakilan SMK N 1 Kraksaan Group A, juara II SMK N 1 Kraksaan Group B; dan juara III perwakilan MA Zainul Hasan Genggong.

“Lomba ini sangat menyenangkan. Panitianya sangat ramah. Saya sangat senang mengikuti lomba ini. Saya berharap tahun depan informasi lombanya lebih diperluas agar pesertanya lebih banyak lagi,” ujar perwakilan SMK Nurul Jadid Paiton, Rusydi Hafidz Alinata. (ayu)