Gending- Banyak kegiatan yang dilakukan mahasiswa saat menjalankan masa pengabdian masyarakat. Seperti yang dilakukan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan ini. Mahasiswa profesi Ners yang tergabung dalam departemen komunitas kelompok 4 ini menggelar kegiatan jalan sehat bersama warga di desa Sumberkerang kecamatan Gending kabupaten Probolinggo, tempat para mahasiswa tersebut menjalani pengabdian masyarakat.

Ketua kelompok mahasiswa, Ahmad Fauzi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang digagas oleh mahasiswa STIKes Hafshawaty yang sedang menjalani pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan ini, ia bersama teman kelompoknya mengajak masyarakat ikut serta dalam kegiatan jalan sehat sambil memungut sampah di sepanjang jalan yang dilewati.

“Kegiatan yang kita lakukan ini bukan hanya jalan sehat biasa, tapi juga dalam proses pelaksanaannya semua peserta kita ajak untuk memungut sampah yang ada disepanjang jalan. Dengan demikian kita mendapat dua manfaat dalam kegiatan ini, hidup bersih dan hidup sehat. Hidup bersih dengan tanpa sampah dan hidup sehat dengan olahraga melalui jalan sejat ini” katanya.

Selain itu, panitia juga menyediakan beberapa hadiah seperti kompor gas, kipas angin, paket sembako, dan beberapa hadiah menarik lainnya. Tak heran, kegiatan ini membuat para warga  mulai dari anak-anak hingga orang dewasa antusias mengikuti kegiatan ini. Tercatat, ada sekitar 358 warga dari RT 01, 02, dan 03 dusun Sumberan desa Sumberkerang.

Sesuai dengan jadwal, Mahasiswa ini telah menjalani masa pengabdian masyarakat sejak 8 Oktober lalu dan akan berakhir pada 3 November mendatang. Fauzi berharap apa yang telah dikerjakan olehnya bersama teman-temannya selama menjalani masa pengabdian masyarakat bisa memberikan manfaat kepada semuanya. “Semoga apa yang telah kami persembahkan ini dapat memberikan manfaat baik kepada warga dan juga kepada kami mahasiswa STIkes Hafshawaty”, ungkapnya.