GENGGONG- Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya. Biasanya, PAS di sekolah ini dilaksanakan secara online menggunakan program Computer Besic Tes (CBT). Tapi PAS ganjil yang berlangsung dari tanggal (12-22/12/2018) ini tidak hanya berbasis online yang nilainya bisa langsung diketahui peserta ujian. Namun hasil ujian santri ini juga langsung terkoneksi ke nomor handphone wali santri atau bisa di akses di website sekolah.

Kondisi ini akan memudahkan orang tua untuk mengetahui hasil ujian putra-putrinya yang tinggal jauh dari orang tuanya. Seperti yang diakui kepala sekolah, M. Inzah, M.Pd.I, beliau mengatakan perlu untuk menginformasikan hasil penilaian santri pada walinya sebelum dicetak pada raport besar. “Wali santri itu mayoritas tinggal jauh dari putra-putrinya, jadi tidak perlu nunggu rapotan untuk mengetahui hasil ujiannya,” jelas ust. Inzah.

Disampaing mempercepat informasi terkait nilai pada orangtua santri, hal ini juga penting untuk orangtua ketahui agar jika seandainya ada santri yang nilai mata pelajarannya di bawah Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM), maka orang tua akan mengingatkan anaknya untuk giat belajar. “Dengan cara ini, orang tua akan tau hasilnya, dan tentunya besar harapan kami untuk orang tua juga memotivasi putra-putrinya,” tambahnya.

Semntara itu, ketua tim IT SMAU, ustadz Zainullah, S.Pd.I mengatakan pada ujian sebelumnya program CBT sekolah sudah tidak ada kendala bagi peserta ujian. Kini ustadz Zainul mengembangkan programnya pada sms gateway, program sms gateway adalah aplikasi yang terhubung langsung dengan aplikasi ujian sekolah. “Ini akan tetap kita kembangkan, kali ini kita coba fokuskan ke sms gateway. Jadi wali santri dapat secara langsung memantau hasil ujian putra dan putrinya,” terangx. (Mfd)