GENGGONG. Kepedulian dewan asatid dan santri MA Model Zainul Hasan Genggong terhadap generasi Qur’ani, terutama bagi pelajar pemula Al-quran, terwujud ketika Organisasasi Santri (Osmam) MA Model Zainul Hasan Genggong, menyalurkan 21.000 penujuk Alquran dan 100 Iqro’ ke TPQ Al-Amin. Desa karangbong, Kecamatan pajarakan, Kabulaten probolinggo, Selasa pekan lalu (13/11/2018).

Tidak hanya TPQ Al-Amin yang kebagian hibah media pembelajaran kitab suci Alquran ini, tetapi juga musholla di sekitar Pesantren Zainul Hasan Gemggong.
Hal ini di ungkapkan oleh ustad Fathur Roziqin, S.S, ketua pelaksana kegiatan.
“Bantuan penunjuk Al-quran dan Iqra’ ini merupakan hasil penggalangan dana dalam rangka wakaf kitab suci. Upaya ini dilakukan relawan OSIS Madrasah Aliyah Model Hashawaty Zainul Hasan Genggong (OSMAM). Selain di desa Karangbong, wakaf penunjuk Al-Quran dan Iqra’ juga akan disalurkan di mushalla sekitar Ponpes Zainul Hasan Genggong pajarakan probolinggo,”ungkapnya.

Rosiqin menambahkan, penyaluran penunjuk Alquran dan Iqro’ diserahkan secara simbolis kepada pembina TPQ Al-Amin dan guru ngaji serta disaksikan langsung oleh para warga yang sedang mengantar anak-anaknya mengaji.
“Alhamdulillah, serah terima disampaikan kepada ustad TPQ Al-Amin dan saksikan oleh para wali santri yang sedang mengantar anaknya.” ungkapnya.

Inisiatif penggalangan dana wakaf Iqra’ dan penunjuk A-Quran ini berawal dari keperihatinan salah satu siswa yang melihat anak-anak kecil di kampung, saat belajar alquran, menggunakan Iqra’ yang sudah rusak, banyak yang sobek dan hilang sebagian.
“Jadi anak-anak ngaji, juga ngaji mulut, dimana mereka hanya menirukan guru ngajinya. Saat ditunjukkan hurufnya, mereka tidak tahu, karna sobek sebagian. Makanya, mereka membutuhkan Iqra.” kata Muhammad Robith Ilma, anggota Osmam, yang sengaja melihat langsung proses aktifitas santri yang sedang membaca Al-Quran di TPQ Al-amin.

Ustad Boshori, selaku pembina TPQ Al-amin mengungkapkan rasa haru dan terima kasih kepada Osmam MA Model Zainul Hasan Genggong atas kegiatan ini. “Alhamdulillah kami selaku pembina Taman Pendidikan Al-Quran Al-Amin mengucapkan terima kasih kepada adik-adik santri OSMAM, Semoga bantuan Iqra’ yang telah diberikan kepada kami menjadi barokah dan bermanfaat.” Ujarnya.

“Semoga Wakaf Iqra’ yang telah disalurkan menjadi amal jariyah dimana setiap huruf yang dibaca para santri, ikut mengalir pahala kebaikannya terus menerus baik di dunia maupun akhirat, amin.”sambungnya.

Sementara itu, Ustad Ahmad Muzammil, M.Pd.I selaku kepala sekolah Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong, mengaku sangat senang dan mendukung aksi solidaritas para santrinya ini.

“Kegiatan ini bukan sekedar ingin dipuji semata, tapi merupakan panggilan jiwa untuk memberikan dukungan kepada generasi qur’ani.”pungkasnya.*