GENGGONG – salah satu upaya dalam meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong, Biro Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong bersama Lembaga Penjamin Mutu Madrasah melaksanakan uji kalam bahasa arab kepada semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, senin (17/12/2018).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB ini dihadiri langsung oleh kepala Biro Pedidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong, DR. Abdul Azis Wahab, M.Ag.

Sebanyak 21 dewan guru mengikuti uji kalam pagi ini. Di hadiri oleh 3 penguji yang terdiri atas 2 pimpinan madrasah, yaitu Ustad Ahmad Muzammil dan Ustad Baharuddin selaku Kepala dan wakil Kepala Madrasah serta Kepala Biro Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong Ustad DR. Abdul Azis Wahab, M.Ag.

Dengan berbekal makalah bahasa arab, dewan guru mempresentasikan makalah tersebut dalam tempo 15 menit. Setelah presentasi usai, dewan penguji memberikan pertanyaan atau masukan atas makalah yang telah di presentasikan.

Sebelum presentasi berlangsung, Kepala Madrasah membukan acara ini. Dalam sambutannya Ustad Muzammil sangat mengapresiasi dan bangga atas persiapan dan semangat yang ditampakkan oleh semua dewan guru. Itu terlihat dari persiapan materi, mimik yang riang dan antusiasnya dalam mengukuti acara.

“Terimakasih atas antusias dan apresiasi serta partisipasi aktif dewan guru. Kami harap kegiatan ini menjadi langkah awal kesuksesan membumikan bahasa arab di madrasah kita.” Tandasnya.

Selanjutnya, Kepala Madrasah yang juga Dosen di Institut Keislaman Zainul Hasan Genggong ini berharap, agar kegiatan ini menjadi imbrio atas pembiasaan dewan guru dalam “membumikan” bahasa arab di MA Model Zainul Hadan Gemggong.

“Guru adalah uswah bagi murid-murid yang kita didik. Untuk itu, kita harus membiasankan berbahasa arab, agar semangat dan pembiasaan komunikasi bahasa arab pada anak didik kita juga terwujud dengan baik.” Harapnya.

Selanjutnya, Ustad DR. Abdul Azis Wahab, M.Ag dalam sambutan yang sekaligus menutup acara berpesan agar bahasa arab dijadikan sebagai bahasa komunikasi setiap kegiatan pendidikan di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong. Hal ini harus di mulai dari aktifnya guru berkomunikasi menggunakan bahasa arab.

“Guru harus memulai berbahasa arab dalam setiap kegiatan pendidikan di madrasah. Lebih-lebih guru bidang studi umum, guru matematika, geografi, fisika dan lain-lain harus belajar dan terus belajar agar menjadi uswah dalam berbahasa arab” ujarnya.

Sebelum menutup acara dengan doa, Pak Azis mengajak dewan guru untuk terus berlatih dan berlatih, bukan hanya menghafal tetapi juga menulis. Karena kedepan yang akan menguji kalam bahasa arab yaitu Ketua Yayasan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong.

“Kedepan guru MA Model harus mampu menguasai bahasa arab, tidak hanya menghafal muhadatsah tetapi harus mampu menulis. Karena sudah saya komunikasikan kepada Beliau, uji kalam bahasa arab yang akan datang, Beliau almukarron KH. Mohammad Hasan Mutawakkil Alallah yang akan menguji.” tutur Pak Azis sambil diikuti tepuk tangan oleh dewan guru.* (tam)