GENGGONG- Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang jatuh tiap 10 November, Osis SMA Unggulan (SMAU) Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong gelar Diklat Jurnalistik Dasar pada Sabtu (03/11/2018) pukul 09:00 WIB di gedung Cantiq.com, Lt. II sekolah setempat, yang bertema “Membangun Semangat Perjuangan Lewat Tulisan”.

Kegiatan ini diikuti seluruh anggota osis yang berjumlah 32 santri. Kepala sekolah, Ustadz M. Inzah, M.Pd.I, berpesan agar anggota osis mengikuti diklat ini sampai usai. Beliau berharap dari diklat ini, muncul jurnalis-jurnalis remaja dari SMAU yang siap mewarnai dunia jurnalistik. “Harapannya, peserta mampu menjadi penulis-penulis handal nantinya,” jelasnya.

Beliau tertarik pada ayat yang dibaca salah satu santri saat pembukaan acara diklat. Menurutnya, surat al alaq yang dibacakan ini memiliki makna semangat membaca dan menulis yang tertuang dalam kata “iqro’ dan ‘allama bil qolam”. “Perlu membumikan budaya membaca dan menulis, salah satunya ya dengan diklat jurnalistik ini,” paparnya.

Pembina Osis, Abdul Mufid, S.Pd.I mengatakan, kegiatan ini adalah agenda tahunan Osis SMAU. Namun demikian dirinya mengaku kegiatan ini sekaligus menyambut Hari Pahlawan yang jatuh tiap 10 November yang seminggu lagi akan dirayakan. “Kalau jaman dulu, para pahlawan kita berjuang dengan pucuk senjata, kalau sekarang berjuang dengan pucuk pena untuk kecerdasan Indonesia,” akunya.

Peserta tampak serius menyimak materi tentang Straight News yang disampaikan Pemateri 1, Bpk. Rudianto, S.H, dari Koran harian Jawa Pos, Radar Bromo. Editor Radar Bromo ini mencoba menyemangati santri untuk bisa menulis dengan memutarkan video yang menggambarkan beberapa anak kecil belajar berenang.

“Intinya, kalian harus berani mencoba untuk menulis. Kalau cuma brlajar teori, tanpa praktek tidak mungkin bisa,” tandasnya. Narasumber pertama ini meminta setiap peserta membawa laptop guna mempraktekkan teori yang diajarkan.

Untuk materi kedua, tentang Depht News atau berita mendalam yang akan disampaikan oleh bpk. Musta’in, salah satu narasumber dari Majalah Genggong. Harapannya, dari kegiatan ini santri khususnya anggota osis mampu menuangkan ide-ide cerdasnya baik di buletin maupun di majalah sekolah. (Mfd)