PROFIL SEKOLAH

SMA UNGGULAN ZAINUL HASAN BPPT GENGGONG berada di kawasan Karangbong Pajarakan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Didirikan pada tanggal 4 Mei 2002, dengan nomor statistik :  30 20 52 01 60 02. Untuk menjawab tantangan yang ada, bahwa pesantren bukanlah sebuah pendidikan yang hanya mampu berbicara tentang agama, namun mampu berbicara tentang pendidikan Sains seperti yang telah ditorehkan prestasi-prestasi serta lulusan siswa-siswi SMA Unggulan dan juga mampu menempati panggung kehormatan merebut tiket masuk perguruan tinggi negeri favorit baik melalui jalur bea siswa, PMDK maupun SNMPTN.

Pada akhir tahun pelajaran 2008–2009 SMA Unggulan mendapat kepercayaan menjadi sekolah standar nasional. Di mana pola pendukung pembelajarannya harus mengacu kepada sekolah kategori mandiri. Pada tanggal 30 Oktober 2010 mendapatkan predikat Akreditasi A . selanjutnya  pada bulan April 2010, mendapat kepercayaan Kementerian Pendidikan Nasional untuk menyelenggarakan Program Akselerasi (Program Percepatan 2 tahun).

SMA UNGGULAN ZAINUL HASAN BPPT GENGGONG pada tahun 2008 sampai dengan 2010 ditunjuk sebagai Rintisan Sekolah Katagori Mandiri (SKM) atau Sekolah Standar Nasional (SSN) Pengertian Sekolah Katagori Mandiri (SKM/SSN) merupakan sekolah yang sudah melaksanakan 8 Standar Pendidikan.

SMA Unggulan (SMAU) Haf-Sa Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo menjalin kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI. Memorandum of Understanding (MoU) tentang Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Upaya Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. MoU itu ditandatangani oleh Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong K.H. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, S.H., M.M., dengan Kepala BPPT RI Dr. Ir. Unggul Priyanto, M.Sc, Senin (6/11/2017).

Adapun 8 Standar Pendidikan, antara lain :

  1. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Proses
  3. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  4. Standar Sarana Prasarana
  5. Standar Pengelolahan
  6. Standar Pembiayaan
  7. Standar Penilaian Pendidikan
  8. Kesiapan Sekolah dan Dukungan Eksternal

VISI DAN MISI

VISI

”Mewujudkan Santri Berakhlakul Karimah, Religius, Nasionalis, Unggul, Berprestasi, dan Berwawasan Global.”

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Terpadu di Sekolah dan Pesantren.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Berstandar Nasional Pendidikan.
  3. Menyelenggarakan Bimbingan Akademik dan Non Akademik.
  4. Menyelenggarakan Bimbingan Pengembangan Bahasa Asing.
  5. Menyelenggarakan Kemitraan dengan Perguruan Tinggi dan BPPT Bidang Teknologi Terapan.

website resmi : smaunggulan.sch.id