Genggong- Mahasiswa baru Sekolah Tinggil Ilmu Kesehatan (STIKes) Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong kecamatan Pajarakan kabupaten Probolinggo mengikuti kegiatan pre test yang  diselenggarakan oleh pusat studi bahasa STIKes Hafshawaty pada Ahad (16/9/2018.

Pre Test yang dimulai pukul 07.00 hingga 09.00 WIB ini berlangsung di aula lantai II STIKes Hafshawaty dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru atau mahasiswa tingkat I dari semua program studi, yaitu prodi S1 Keperawatan, D III Kebidanan, serta DIII Keperawatan.

Para peserta tersebut diuji langsung oleh dosen bahasa inggris dari pusat studi bahasa STIKes Hafshawaty, yakni ustadzah Eva Sulistiana, M.Pd. dan ustadz Moh. Samsul Arifin, M.M. kedua penguji tersebut memberikan tes bahasa inggris yang terdiri dari dua jenis tes, yaitu tes tulis dan lisan.

Seperti yang dikatakan ustadzah Eva, penguji yang juga kepala bagian laboratorium bahasa ini mengatakan bahwa tujuan diadakannya pretes ini adalah untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa. Khususnya kemampuan speaking dan grammar. “Hasil dari pre test ini nantinya akan dijadikan acuan dalam menentukan grade bahasa inggris di kelas basic English program”, paparnya.

Selain itu, mahasiswa akan dikelompokkan menjadi kelompok kelas berdasarkan nilai pre testnya. Pengelompokan ini bertujuan untuk memudahkan dosen dalam memberikan materi sesuai dengan kemampuan setiap mahasiswa.

Selanjutnya, pusat studi bahasa akan melakukan test kembali bagi para mahasiswa tersebut untuk mengetahui perkembangan kemampuan bahasa inggrisnya. “nantinya kita akan melaksanakan post test pada akhir program Basic English untuk  mengukur perkembangan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa,” jelas ustadzah Eva. (Pin)